Sabtu, 03 September 2011

Membuat Nugget sendiri

Beberapa hari ini saya coba berpikir, mensiasati, bagaimana membuat menu lauk yang kagak ribet buatnya, singkat, enak, tapi dijamin kandungan gizinya. Eh ditambah lagi, bahan untuk membuatnya pun mesti yang kejangkau di saku.

Ayam goreng?. Ikan goreng?. Telur ceplok?. Tempe goreng?. Setiap hari kalau menu lauk itu-itu saja di konsumsi rasanya bosan juga. Bahkan adik saya yang paling “demen” sama ayam goreng ini sering protes.

“Mbak, bikin yang laen napa?.”

Alhasil perlu trial and error to cooking delicious food. Untuk mengatasi kebosanan akhirnya beberapa instan food “terpaksa” saya masukkan dalam daftar belanjaan. Pilihan jatuh pada :

Nugget!.

Kyaa….!!.tapi lama-lama saya kok mbatin, “Kalau beli nugget gini cukup boros, belum lagi tingkat kehalalan, gimana ayamnya pas disembelih ya, gimana kandungan bahan pengawetnya ya, ...”

Dan kenyataan di lapangan menunjukkan “realita tentang Nugget” bahwa :

* Harga nugget instan menurut saya lebih mahal dibanding kalo coba bikin sendiri. Kalo ada nugget yang murah-meriah, kemungkinan bahan nugget ada campuran lain-lain selain daging ayam.

* Soal rasa nugget, ternyata berbeda-beda, sesuai harga. Jujur saja, yang harga nya lebih mahal, rasanya lebih enak. Nugget yang murah-meriah, rasanya kurang menggigit, kagak kerasa kalo ada ayamnya.

* Rasa tidak lepas dari bumbu. Bahan tambahan yang ada di dalam nugget condong ke rasa gurihnya penyedap rasa. Padahal penyedap rasa itu dibuat dari proses fermentasi mikroba. Bisa saja kan mikroba yang dipake itu dari turunan babi?!.

Resep Nugget aslinya, coba saya kreasikan lagi :

* Daging ayam cincang dicampur sama tempe yang juga sudah dihaluskan (diuleg/diblender). Bisa juga dicampur sama tahu cincang.
* Penyedap rasa saya kurangi, diganti tambahan keju parut, biar kerasa legitt.
* Selain bisa dicampur dengan potongan wortel/daun bayam, atau sayuran lain, lebih nyummie.. kalau dicampur dengan potongan daun seledri dan bawang goreng sehingga aroma nugget lebih harum.
* Karena nggak ada tepung panir, alhasil…nugget yang hendak digoreng, cukup dengan dilumuri kocokan telur. (sebenere bisa juga pake tepung biasa).
* Nugget cocok banget dipasangin sama sambel tomat pedas-manis.)*not saus instans]

http://isminurjanah.com/2010/11/09/membuat-nugget-sendiri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alkin System