Selasa, 29 November 2011

Soto Bok Ireng

Soto, hidangan berkuah yang enak disantap di segala waktu dan suasana ini memang menjadi kegemaran banyak orang. Di kota mana pun, Anda pasti akan menemukan soto khas daerah setempat. Nah, kali ini NOVA menyajikan berbagai sajian berkuah khas Blitar (Jatim). Tak lupa, disertakan juga satu resep soto bercitarasa asli Kota Patria ini.

Soto Bok Ireng Warung Bertembok Hitam
angan di kira Soto Bok Ireng (hitam) ini kuahnya berwarna hitam. Yang berwarna hitam ternyata adalah tembok warungnya, yang disingkat menjadi bok ireng. Kelezatan soto ini terletak dari koyanya yang gurih dan kuahnya yang terasa ringan tak berlemak, sama seperti soto di daerah Jawa lainnya.

Kayatin (64) yang sudah 25 tahun meneruskan usaha Soto Bok Ireng sepeninggal ibunya, tak pernah pindah lokasi sejak lama, tetap membuka warungnya di persimpangan Jalan Kelud, Blitar. Warung sempit yang juga tak berubah ukuran sejak dulu, kira-kira berukuran 3 x 3 meter, selalu penuh dan menjadi pilihan warga Blitar untuk mengisi perut.

Soto daging atau jeroan yang disajikan dalam mangkuk kecil ini dihargai Rp 5 ribu saja. Jadi wajar bila banyak pelanggannya bisa menghabiskan Soto Bok Ireng hingga 2-3 mangkuk sekali makan, agar lebih puas menikmatinya.
Setiap harinya, Kayatin menghabiskan 10 kg daging dan jeroan dalam waktu singkat, sebab ia membuka warung sejak pukul 08.00 hingga 14.00. Dan biasanya, sebelum sore warung Soto Bok Ireng sudah tutup karena sotonya sudah habis.

“Kadang habisnya bisa lebih cepat. Berapa banyak mangkuk soto yang terjual, saya enggak pernah hitung. Tahu-tahu panci yang terus di jok (di tuang), sudah habis,” ujar Kayatin yang mengaku tak pernah merasa lelah setiap hari berjualan soto.
Uniknya, di dalam warung soto bok ireng ini masih terdapat satu rombong (pikulan) soto model tanduk sapi yang dijaga langsung oleh Kayatin agar racikan sotonya pas dan sesuai takarannya.

Suasana warung soto Kayatin sangat sederhana, tak ada hiasan apapun selain kalender yang menggantung di tembok berwarna hitam, serta atap yang juga menghitam dipenuhi jelaga akibat asap dari proses memasak soto. Namun, makan di warung ini akan terasa nuansa Blitar yang begitu khas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alkin System