Selasa, 29 November 2011

Sambal Pecel Karang Sari

Sambal pecel juga merupakan produk jagoannya dari Blitar, sambal pecel Karang Sari adalah sambal pecel pionir yang dijual dalam kemasan plastik, serta kerap menjadi oleh-oleh wajib dari Blitar. Sang pemilik, Ny. Cendrawati (70), menceritakan kepada NOVA saat ditemui di toko dan tempat produksinya, Jl. Karang Sari 153, Blitar, awal usaha sambal pecelnya yang sudah go Intenational .

Sambal pecel ini pertama kali di produksi pada 1978. Diberi merek Karang Sari, sesuai dengan lokasi pembuatannya. Saat itu, Cendrawati melihat banyak orang menyukai sambal pecel Blitar, dan menurutnya akan lebih bagus bila dikemas dengan baik karena bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Blitar.

Dulu, Cendrawati memproduksi sendiri sambal pecelnya di rumahnya dengan jumlah yang sedikit, hanya 1-3 kg saja. Namun, saat ini ia sudah mampu menggaji sekitar 20 karyawan yang mampu menghasilkan berton-ton sambal pecel, dibantu sejumlah mesin produksi.

Sambal pecel olahan Cendrawati juga sudah tersohor kelezatannya dan tersebar di seluruh Indonesia, sebab sudah memiliki penjual dengan sistem keagenan. Sehingga, tak heran bila Anda akan mudah menemukannya di sejumlah peritel (supermarket) besar hingga jaringan swalayan-swalayan kecil.

Harga per kemasannya Rp 5 ribu untuk yang memiliki berat sekitar 2 ons. Tersedia pula dalam tiga pilihan rasa, yakni manis, sedang, dan pedas. Bagi yang ingin membawa sambal pecel Karang Sari sebagai oleh-oleh, Cendrawati juga menyediakan berbagai ukuran kemasan untuk mewadahinya.

1 komentar:

Alkin System